Penyebab Wajah Kamu Berminyak

Penyebab Wajah Berminyak - Masalah yang sangat tidak diinginkan oleh setiap wanita adalah kulit wajah yang berminyak. Karena hal ini akan menyebabkan seorang wanita kurang percaya diri dalam bergaul. Sebetulnya minyak pada wajah itu sangat berguna untuk kulit jika dalam kadar yang normal. Fungsinya yaitu untuk menahan kotoran agar tidak masuk ke pori-pori dan membantu mengenyalkan kulit wajah. 

Banyak cara dilakukan agar wajah berminyak bisa dikurangi bahkan ditiadakan. Namun banyak yang tidak berhasil karena tidak tahu apa penyebab wajah berminyak. Sebagaimana penyakit, maka sebelum diobati harus diketahui dulu penyebabnya agar penangannya bisa tepat, begitupun dengan kulit berminyak, harus tahu terlebih dahulu tentang penyebab wajah berminyak. Apa saja sih penyebab wajah berminyak itu? simak berikut ini :

Penyebab Wajah Berminyak

penyebab wajah berminyak

Penyebab wajah berminyak dikategorikan ke dalam dua kelompok. Faktor dari dalam atau faktor bawaan dan faktor eksternal atau dari pola hidup kita. Termasuk yang manakah Anda? yu simak selengkapnya.

1. Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan makanan yang memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Makanan-makanan yang beredar pun banyak yang mengandung lemak karena memang sumber lemak sangat banyak. Beruntunglah jika saat ini Anda adalah orang yang bisa mengendalikan makanan berlemak, karena selain untuk kecantikan tubuh pun akan lebih sehat jika bisa mengontrol makanan berlemak.

Jika Anda saat ini adalah penggila makanan berlemak, seperti masakan-masakan padang, jeroan, makanan-makan bersantan, gorengan, fast food dan lain-lain, maka segeralah batasi makanan-makanan tersebut, karena makanan berlemak dapat menjadi salah satu penyebab wajah berminyak. 

2. Kosmetik

Saat ini beredar ribuan merek kosmetik dipasaran. Semua produk menawarkan keunggulannya dan menjanjikan bahwa dengan kosmetik tersebut wajah Anda akan menjadi cantik. Ternyata salah memilih kosmetik pun bisa menyebabkan wajah berminyak. Oleh karena itu perhatikan sebelum dan sesudah memakai kosmetik. Jika setelah memakai kosmetik kemudian minyak di wajah makin banyak itu tanda-tanda kosmetik Anda tidak cocok. Segera ganti dengan kosmetik yang lain sampai Anda menemui yang cocok.

3. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat juga merupakan penyumbang dari wajah berminyak. Tidur tidak teratur bisa menyebabkan wajah berminyak, terutama jika sering tidur larut malam dan bangunnya siang. Selain berminyak juga akan menyebabkan tubuh Anda lemas dan kurang semangat. Sebaiknya tidur maksimal jam 10 malam kemudian bangun jam 4 pagi, pasti badan dan kulit lebih segar.

4. Hormon Tidak Seimbang

Hormon pada wanita sering terjadi fluktuasi yang cukup signifikan. Bisanya hormon tidak seimbang terjadi ketika seorang wanita memasuki masa pubertas dan ketika haid atau hamil. Jadi jika kamu yang saat ini baru masuk masa pubertas dan mengalami wajah berminyak yang berlebih jangan khawatir karena itu proses alami. Untuk mengatasinya kamu bisa siapkan tisu atau kertas khusus yang bisa menyerap minyak diwajah yang saat ini banyak beredar dipasaran.

5. Faktor Keturunan

Ada juga yang memiliki minyak berlebih di wajah disebabkan oleh faktor keturunan. Hal ini diwariskan dari orang tua ke anak atau dari nenek ke cucu. Untuk mengetahui berminyak karena keturunan atau bukan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kecantikan. Biasanya mereka tahu yang terjadi. Jika memang mangalami kelebihan minyak diwajah akibat faktor keturunan ini memang cukup sulit untuk diubah, akan tetapi semua masih bisa diatasi asal ada kemauan. Konsultasi ke yang ahli agar dapat solusi untuk  hidup sehari-hari.

Nah itulah beberapa penyebab wajah berminyak yang sebaiknya para wanita ketahui. Sehingga dengan tahu penyebabnya penanganannyapun akan tepat. Gunakanlah masker-masker wajah yang alami untuk perawatan kulit agar lebih aman dan terhindar dari bahan kimia berbahaya.