Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak - Salah satu tantangan terbesar yang dialami oleh para wanita dalam hal wajah adalah wajah yang berminyak. Wajah berminyak dalam jumlah yang wajar itu adalah sehat apalagi jika sudah melakukan aktifitas yang mengeluarkan keringat seperti olah raga atau kegiatan rumah tangga lainnya. Akan tetapi ada juga sebagian wanita yang mengalami wajah berminyak bahkan ketika diam. Hal ini tentunya sangat mengganggu bukan?

Kulit wajah yang berminyak akan menyebabkan kotoran mudah menempel sehingga akan terlihat kusam. Hal inilah yang sangat tidak diinginkan oleh setiap wanita. Untuk mengatasi kulit berminyak sebetulnya bisa saja pergi ke klinik kecantikan atau ke dokter kecsanaantikan, dan biasanya kita dianjurkan untuk membeli beberapa produk tertentu. Jika punya uangnya, itu tidak masalah, Namun untuk Anda khusus yang terkendala masalah budget untuk perawatan tentunya menjadi kendala besar.

Nah kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat masker wajah untuk kulit berminyak dengan menggunakan bahan alami. Akan tetapi sebelum membahas ke arah sana, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya kulit berminyak. Penyebab kulit berminyak biasanya dikarenakan faktor hormon. Hormon wanita sering  berubah-ubah ketika hamil atau haid. Selain itu juga bisa disebabkan oleh stress, cuaca, pola hidup yang salah dan pola makan yang tidak sehat.

Baca Juga : Apa Sih Penyebab Wajah Berminyak ?

Cara Membuat Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak 

cara membuat Masker wajah untuk kulit berminyak


Setelah mengetahui apa penyebab wajah berminyak, berikutnya akan dibahas tentang cara membuat masker wajah untuk kulit berminyak dengan beberapa bahan alami. Masker-masker ini merupakan masker tradisional alami yang sudah ada sejak jaman dahulu, diwariskan secara turun temurun. Apa saja masker-masker tersebut? simak berikut ini;

1. Masker Teh Hijau Dan Lidah Buaya

Teh hijau mengandung antioksidan dan vitamin yang cukup tinggi, sehingga sering kali digunakan dalam perwatan kecantikan. Selain itu teh hijau juga mengandung theophyline dan saponin yang berkhasiat untuk melawan infeksi dan mengoptimalkan suhu tubuh.  Sedangkan lidah buaya sudah terkenal fungsinya sebagai tumbuhan alami yang membantu dalam melembabkan dan mengencangkan kulit wajah.

Cara membuat masker teh hijau dan lidah buaya cukup mudah, yaitu :
-  Siapkan 1 sendok teh  "teh hijau", 2 sendok teh tanah liat dan 1 sendok makan gel lidah buaya.
-  Mix atau campur bahan-bahan tersebut dan diaduk hingga benar-benar tercampur sempurna.

Untuk mencampurkannya bisa dengan cara ditumbuk sampai benar-benar halus. Setelah tercampur sempurna maka masker sudah jadi. Berikutnya balurkan masker tesebut ke seluruh bagian wajah lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin saja. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini minimal dalam seminggu 2 kali.

2. Madu Dan Putih Telur

Kandungan alami dari madu dan telur sudah dipercaya sejak zaman dahulu untuk perawatan kecantikan. Fungsinya untuk mengencangkan dan melembapkan kulit wajah serta untuk mengurangi minyak.  Cara membuatnya adalah ambil satu butir telur lalu pisahkan antar kuning dan putih telur. Kocok putih telur sampai berbusa. Kemudian tambahkan 1 sendok teh madu dan aduk hingga merata. Setelah tercampur sempurna silahkan gunakan ramuan ini untuk masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat, bilas perlahan.

3. Masker Madu dan Lemon

Selain dengan putih telur, madu juga bisa dicampur dengan lemon. Madu dan lemon merupakan perpaduan madu dengan vitamin C. Vitamin C dikenal sangat bagus untuk kulit wajah. Untuk pembuatannya siapkan 1 buah lemon berukuran sedang lalu diperas. Simpan air perasan pada wadah seperti mangkok, kemudian campurkan satu sendok teh madu. Setelah diaduk merata oleskan ke seluruh bagian wajah bisa sampai ke leher. Diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hangat kuku.

4. Masker Madu Dan Pisang

Madu juga ternyata bisa digabung dengan pisang untuk masker wajah kulit berminyak. Pisang mengandung vitamin C, B6 dan K yang dibutuhkan oleh kulit.  Selain itu pisang dipercaya dapat membuat kulit yang gelap menjadi lebih putih dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

Untuk membuat maskernya siapkan 3 sendok makan pisang, bisa pisang ambon. kemudian 1 sendok teh madu. Hancurkan pisang sampai lembut lalu tambahkan madu dan diaduk. Setelah tercampur sempurna berarti masker siap untuk digunakan. Oleskan ke seluruh bagian wajah lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat kuku.  Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal, misalnya 3 hari sekali.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Berminyak Dengan Baik

Itulah beberapa cara membuat masker wajah untuk kulit berminyak. Masker-masker tersebut juga bisa berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo di hidung, terutama ramuan madu dan telur, karena terlur memiliki sifat yang bisa merekat kotoran dengan baik. Silahkan pilih salah satu yang sekiranya cocok untuk Anda, Selamat mencoba.