Cara Merawat Wajah Berminyak Dengan Baik

Cara Merawat Wajah Berminyak


Wajah adalah anggota tubuh yang sangat berharga. Kita harus tahu cara merawat wajah berminyak karena wajah merupakan perwakilan dari diri kita dan orang akan melihat baik atau tidak nya seseorang biasanya dilihat dari wajah. Untuk menjadi orang yang dipercaya orang atau supaya kita memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentu faktor wajah ini harus menjadi sorotan. Jika wajah anda terlihat bersih dan bersinar maka itu akan menambah kepercayaan diri dan kepercayaan dari orang lain. Lalu bagaimana jika wajah anda kusam atau berminyak? Tentunya akan menurunkan tingkat percaya diri anda kan?

cara merawat wajah berminyak


Wajah yang berminyak jika terkena kotoran dan debu bisa menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu perlu sekali anda mengetahui cara merawat dan membersihkan wajah berminyak. Sebelum anda tau bagaimana cara merawat kulit berminyak, anda perlu tahu terlebih dahulu faktor-faktor penyebab kulit berminyak.

a.      Pola Makan Tidak Sehat, pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi. Caranya anda harus mengurangi memakan makanan yang mengandung lemak, seperti gorengan dan lebih banyak makan makanan yang mengandung sayuran.

b.      Faktor Hormonal, faktor ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber biasanya wajah memproduksi minyak berlebih.

c.       Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat – Pemilihan kosmetik yang salah juga bisa meyebabkan kadar minyak di wajah menjadi meningkat, untuk hal ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit.

d.      Faktor keturunan – Faktor ini juga menjadi faktor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.

e.      Penggunaan obat untuk KB juga bisa memicu kulit menjadi berminyak.


Lalu bagaimana cara merawat wajah berminyak ? Nah pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan cara merawata wajah berminyak. Ada cara alami dan ada cara  tidak alami

1.    Mencuci Muka Teratur

Cuci muka anda paling tidak sehari dua kali dengan sabun pencuci muka. Tentunya sabun pencuci muka yang khusus untuk menghilangkan minyak pada wajah, dan tentunya harus yang sesuai dengan kulit wajah anda. Jangan terlalu sering mencuci muka dalam satu hari, ini untuk mengurangi produksi sebum. Gunakan pembersih muka yang berbahan dasar minyak sebagai penghilang sebum. Ketika membersihkan wajah lakukan pemijatan disekitar dahi, hidung, dan dagu. Lakukan pemijatan searah jarum jam, ini akan memberikan hasil yang optimal

2.   Menggunakan Make up yang tepat

Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Gunakan make up berbahan dasar mineral untuk menghindari munculnya jerawat pada muka. Bisa juga pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons.

Pilihlah produk kecantikan yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Hal ini bisa anda lihat di iklan-iklan. Namun alangkah lebih baiknya anda konsultasikan ke dokter kulit supaya penanganannya tepat. Ada produk-produk kecantikan yang kandungannya bekerja untuk menetralisir kelebihan minyak pada wajah kita.

3.  Pakai scrub atau masker

Minimal satu minggu satu kali sebaiknya anda mengolesi wajah anda dengan scrub, masker, atau peeling. Anda harus pintar memilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit, atua jika ingin perawatan secara alami, gunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk masker di wajah.

4. Gunakan Kertas Penyerap Minyak

Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan digosok-gosok karena bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan make up berantakan. Untuk menghilangkan minyak dilarang menggunakan toner yang berkadar alkohol tinggi, ini bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.


Hal- Hal yang sebaiknya dihindari

1. Menggunakan tabir surya yang berlebihan. Hal ini bisa membuat wajah semakin tampak berminyak. Jadi jika anda ingin menggunakan tabir surya pakailah secukupnya jika anda akan keluar rumah saja.
Hindari makanan pedas, karena makanan pedas bisa memacu keluarnya minyak yang sangat tinggi pada wajah.

2. Jika kulit anda berminyak, hindarilah produk-produk yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Hal itu karena Alkohol bisa menghilangkan kadar minyak alami pada kulit yang akan memicu kelenjar minyak bekerja ganda, sehingga minyak yang dikeluarkan lebih banyak.

3. Hindarilah produk pembersih yang membuat kulit anda menjadi kering. Jika kulit kering maka lapisan kulit anda dapat menyusut. Hal ini akan menghambat minyak masuk ke pori-pori yang menyumbat dan berakibat iritasi pada kulit.


Cara Merawat Wajah Berminyak Dengan Cara Tradisional


Jika anda adalah pecinta ramuan tradisional, cara di bawah ini bisa anda jadikan salah satu alternatif. Merawat wajah berminyak dengan menggunakan ramuan herbal lebih tidak ada efek samping dan lebih aman. Selain itu lebih hemat dan cepat. Ramuannya yang akan dibahas adalah ramuan yang berasal dari daun seledri. Daun seledri yang dikenal sangat ampuh untuk mengobati darah tinggi juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar minyak di wajah

Cara Penggunaanya :
Ambil daun Seledri secukupnya lalu diiris hingga kecil-kecil. Masukan irisan seledri tersebut kedalam panci yang berisi air yang mendidih. Cukup satu gelas air untuk dididihkan. Masak kurang lebih 5 menit. Biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit lamanya atau sampai air rebusan itu menjadi dingin.
Setelah dingin lalu anda oleskan air rebusan seledri ke seluruh wajah anda. Biarkan hingga air Seledri tersebut meresap dan mengering. Setelah kering silahkan anda bisa membersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada waktu pagi hari gunakan pembersih yang hanya berfungsi sebagai mengurangi minyak pada wajah. Bila suka menggunakan bedak, gunakan bedak yang mampu menyerap minyak seperti bedak tabur. Dalam menjaga agar kulit tetap pada kelembabanya gunakanlah lotion pelembab. Gunakan pembersih dan penyegar sari lemon pada waktu malam hari sebagai pembersih kulit dari kotoran yang menempel. Dan dapat anda tambahkan lulur wangi untuk membersihkan minyak pada saluran minyak setiap seminggu sekali.

Nah itulah cara merawat wajah berminyak dengan baik, semoga informasi ini bisa membantu anda