Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Menstruasi

Makanan yang tidak boleh dimakan saat Menstruasi – Maksud dari makanan yang tidak boleh ini lebih tepatnya adalah makanan yang tidak dianjurakan untuk dimakan jika sedang berada pada masa haid. Karena masih banyak wanita yang mengalami masalah rasa nyeri ketika sedang haid. Ternyata makanan juga sangat berpengaruh terhadap berkurangnya atau bertambahnya rasa sakit dikala haid.

Memang kondisi tubuh setiap wanita berbeda-beda, ada yang lancar-lancar saja ketika haid tidak mengalami kendala apapun. Namun ada juga yang mengalami kendala seperti sakit sampai keram perut serta sakit kepala. Jika wanita mengalami kondisi sakit yang melebihi batas normal maka sangat penting untuk menghindari makanan-makan berikut ini. 

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Menstruasi

makanan yang tidak boleh dimakan saat menstruasi


Selanjutnya kita akan bahas makanan-makanan yang disinyalir dapat memperburuk kondisi haid seperti mual, sakit perut dan sakit kepala. Lalu apa saja makanan-makanan tersebut, simak di bawah ini :

1. Makanan Siap Saji

Seiring dengan perkembangan zaman, makanan siap saji menjadi salah satu industri makanan yang tidak bisa tertahankan lagi. Karena memang saat ini manusia dituntut serba cepat dan di dera dengan banyaknya tuntutan pekerjaan. Sehingga tidak sempat lagi untuk memasak atau mengolah makanan sendiri.

Makanan siap saji juga memang rasanya rata-rata enak dan gurih, sehingga membuat kita ketagihan. Hal ini karena bumbunya memang dibuat segurih mungkin karena dengan cara menambahkan penyedap rasa. Nah jika Anda sering mengalami sakit ketika haid mulai saat ini harus menghindari makanan-makanan cepat saji. Contohnya mie instan, bubur instan dan hal-hal yang instan lainnya. Usahakan masak sendiri dan tidak menggunakan penyedap rasa / MSG.

Minyak yang terkandung dalam makanan siap saji juga biasanya adalah minyak trans, artinya minyak yang sudah digunakan, contoh bisa ditemukan pada minyak yang ada pada mie instan yang sudah ada bawangnya, sehingga minyaknya harum. Selain itu makanan siap saji banyak yang dimasak terlalu matang sehingga kandungan nutrisinya hilang, dan ini tidak baik untuk kesehatan.

2. Makanan Yang Digoreng

Makanan apapun yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi ketika Anda mengalami masalah dengan haid Anda apalagi dengan menggunakan minyak jenuh, seperti minyak curah. Ketika makanan digoreng maka minyaknya akan menempel dimakanan. Ketika mengkonsumsi banyak minyak maka ini akan berpengaruh kurang baik terhadap tubuh yang lagi haid. Minyak goreng akan merangsang hormon estrogen yang lebih banyak sehingga timbul masalah saat haid.

Jadi hindarilah makanan-makanan yang digoreng seperti gorengan, bala-bala, goreng pisang, mendoan, gehu, combro dan lain-lain. Sebagai gantinya makanlah makanan makanan yang dikukus atau direbus.

Baca Juga : Ciri-Ciri Haid Tidak Normal

3. Hindari Kafein

Pada saat menstruasi tubuh lebih banyak membutuhkan air, sedangkan kafein sifatnya adalah membuat darah menjadi mengental. Akibatnya adalah terjadinya dehidrasi, dan dehidrasi ini akan memperburuk kondisi haid Anda.  Jika tubuh kita dehidrasi hal yang biasanya sering terjadi adalah bada mudah lelah/lemas dan suka pusing. 

Jadi hindarilah kafein terutama pada kopi. Bagi Anda pecinta kopi untuk sementara puasa dulu aja ya, supaya haidnya tidak menjadi parah. Bersyukurlah untuk Anda yang tidak terpengaruh oleh kafein.

4. Lemak Pada Daging Merah

Jika Anda mengalami sakit yang tidak biasa pada saat menstruasi maka hindarilah makan lemak yang ada pada daging merah. Daging merah biasanya ada yang mengandung lemak nah jika dimakan makan maka lemaknya akan memperburuk keadaan menstruasi.

5. Makanan Yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang akan menghasilkan lemak trans yang tidak baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Minyak trans dalam jumlah banyak akan merangsang hormon estrogen keluar dan akan menyebabkan keram pada dinding rahim. Maka hindarilah makan makanan yang dipanggang ketika menstruasi

6. Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya dibuat dengan rasa yang istimewa dan tahan lama. Pada beberapa makanan olahan seperti makanan kaleng itu biasanya mengandung kandungan sodium yang tinggi. Sodium yang tinggi bisa menyerap cairan di dalam tubuh sehingga tubuh bisa kekurangan cairan. sedangkan yang menstruasi memerlukan banyak air.  Contoh makanan olahan yang bersodium tinggi, kecap, keju, cornet dan lain-lain.

7. Hindari Terlalu Banyak Makan Garam

Ada beberapa orang yang menyukai makanan-makanan yang sangat asin. Jika Anda termasuk penyuka rasa asin maka jika ingin mengurangi dampak menstruasi hindarilah makan garam yang terlalu banyak. Dalam satu hari kita hanya membutuhkan garam 2.300 gram atau setara 1 sendok teh. Hati-hati dengan junk food karena biasanya makanan tersebut mengandung kadar garam yang tinggi.

Itulah 7 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

Mampu bijaksana dan menahan diri dalam memilih makanan tertentu adalah solusi terbaik untuk mengurangi dampak menstruasi. Jadi jika menstruasi Anda mengalami sakit atau pusing yang berlebihan silahkan cek makanan Anda. Apakah ada makanan makanan yag tidak boleh dimakan saat haid seperti penjelasan di atas? semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT: