Ciri-Ciri Haid Yang Tidak Normal

Ciri Haid Tidak Normal - Penting untuk para wanita mengetahui siklus haid yang normal. Salah satu indikator kesehatan reproduksi pada wanita dilihat dari siklus haid wanita tersebut. Yang paling mudah diketahui adalah normal atau tidaknya siklus haid. Pada tulisan kali ini, bahasannya adalah tentang ciri-ciri haid yang tidak normal dan apa penyebab - penyebabnya.

Ciri-Ciri Haid Yang Tidak Normal Dari Siklus Bulanan

ciri-ciri haid tidak normal

Seorang dokter spesialis Ginekologi dan Obstetri dari RS Pondok Indah ( Dokter Yassin Yanuar MIB) mengatakan bahwa siklus menstruasi atau haid pada seorang wanita biasanya terjadi 25-36 hari dalam satu siklus. Ini yang dikatakan siklus normal. Bila seorang wanita mengalami siklus haid sampai 40 hari sekali atau bahkan sampai 3 bulan disinyalir ada gangguan pada siklus haid tersebut yaitu ada gangguan ovulasi.

Ciri-Ciri Haid Yang Tidak Normal Dari Lama Haid

Jika dilihat dari rentang waktu haid, seorang wanita yang normal umumnya mengalami masa haid itu 4-7 hari. Jika dirata-ratakan 5 hari. Itu artinya jika wanita haid minimal 4 hari dan maksimal 7 hari berarti normal. Terkadang ada juga yang sampai 8 hari, sebetulnya masih normal jika hanya lebih 1 hari. Jika waktu haidnya melebihi waktu rata-rata wanita maka segera konsultasikan ke dokter ahli, agar mendapatkan jawaban yang tepat dan solusi yang tepat. Bisa jadi meskipun lebih harinya ternyata masih normal.


Yassin mengatakan umumnya wanita mengeluarkan darah haid sebanyak 80 cc per hari. Jika dihitung menggunakan jumlah pembalut rata-rata perhari bisa menghabiskan 4 pembalut. Kenapa? karena 1 pembalut biasnya bisa menampung maksimal 15 -20 cc darah haid. Jika melebihi ukuran tersebut ada kemungkinan haid Anda tidak normal

Ciri-Ciri Haid Yang Tidak Normal Lainnya

Ciri lainnya bahwa haid wanita tidak normal adalah adanya rasa nyeri berlebih ketika haid datang. Misalnya nyeri pada dinding rahim sampai pusing . Jika pada saat haid ada nyeri yang berlebihan dikhawatirkan terdapat kista.

Menurut tim dokter peneliti di UI bahwa darah haid wanita yang ada kistanya ternyata mengandung serabut syaraf, oleh karena itu rasa sakitnya luar biasa ketika ada peluruan darah haid dari rahim. Untuk lebih jelasnya segera hubungi dokter ahli, jangan menebak-nebak. Karena jika ada gangguan rahim dikhawatirkan wanita menjadi tidak subur, dan tidak bisa menghasilkan keturunan. Jadi jangan tunda tunda untuk segera konsul ke dokter. Semoga bermanfaat.


ARTIKEL TERKAIT: